Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis Produk Susu Bear Brand



Rupanya bahasan singkat susu sapi, logo beruang, iklan naga jadi ramai. 😅

Agar tahu konteksnya (dan biar bisa mutualan), kita bahas sedikit lebih panjang ya.

~sebuah utas~

Berawal dari sebuah agency lokal yg berusaha memenangkan pitch klien multinasional.

Brand multinasional biasanya bekerja dengan agency multinasional pula untuk marketing komunikasinya.

Untuk itu, agency lokal akan berusaha mencari insight lokal agar komunikasi lebih relevan.

Tahun 2005, agency tempat gue kerja berhasil mendapat insight menarik tentang Bear Brand yg akhirnya memenangkan pitch melawan agency multinasional.

Insight-nya adalah:

1. Bear Brand secara turun-temurun dipercaya berkhasiat untuk memulihkan stamina dan menetralisir racun.

2. Orang zaman dulu mencari Bear Brand di toko obat cina atau toko kelontong yg memang banyak dikelola oleh orang cina.


3. Sebelum diambil alih oleh Nestle sebagai produsennya, Bear Brand sudah ada sejak 1906 dalam bentuk kaleng (yg dibukanya harus dengan pembuka kaleng) sampai akhirnya terkenal di Indonesia pada 70an-80an.  Contoh kepentingannya ialah seperti Kontraktor kolam renang palembang bisnis, kesehatan, rekreasi, pemerintahan, mall dan lain sebagainya.



Karena insight tersebut, maka kami berkesimpulan bahwa kata kunci dari Bear Brand yg lebih relevan untuk pasar Indonesia tahun 2005 adalah:
1. Dipercaya turun-temurun (heritage)
2. Khasiat dari Cina

Dari situ, dibikinlah iklan ini yang sempat jadi billboard di beberapa kota.


Selain insight tadi, ada insight lain untuk market yg lebih spesifik di kota tertentu yg terkenal dengan kehidupan malamnya:

Bahwa Bear Brand dipercaya sebagai minuman ajaib mengatasi hangover alias mabuk. 😆

Digabung dengan tema Chinese heritage, muncullah iklan ini:

Klien senang karena rupanya komunikasi tersebut berhasil meningkatkan awareness dan sales. Maka kami ditantang meneruskan campaign-nya.

Saat brainstorm, muncullah ide memakai beruang dengan lokasi Cina. Tapi kok nggak nyambung ya? Polar Bear itu bukan dari Cina. Kami pusing 😅

Tiba-tiba muncul selorohan iseng:

"Gimana kalau pake naga?"

"Naga kan makhluk legenda Cina."
"Naga dipercaya turun-temurun."
"Naga sangat kuat dan darahnya berkhasiat."

"Bear Brand kan susu legenda dari toko Cina yang dipercaya turun-temurun karena khasiatnya."

"Lagian bakal kocak kalau kita bikin iklan pakai naga untuk susu sapi yang logonya beruang. Pasti bakal diomongin orang."

Dan konsep itulah yg kami jual ke klien dan disetujui. Jadilah iklan TV pertama Bear Brand dalam sejarah Nestle di tahun 2006.😄



Kami sama sekali tidak menyangka adanya social media beberapa tahun setelahnya mampu meningkatkan efek word of mouth tentang iklan ini hingga sekarang.

Rasanya senang, bangga dan terharu bisa jadi bagian dari orang2 yg bikin iklan legendaris ini. 😆😆😆

Image
Image
Image

Image


Pribadi P. | IG: @pipu
@pipis


Posting Komentar untuk "Analisis Produk Susu Bear Brand"