Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memahami Persaingan Bisnis Anda

Tips Memahami Persaingan Bisnis Anda

 Memahami pesaing Anda adalah kunci keberhasilan bisnis apa pun. Bahkan jika produk atau layanan Anda mengisi celah unik di pasar, selalu ada perusahaan lain yang menawarkan sesuatu yang serupa, atau ada cara lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sama. Kunci ketika memikirkan pesaing Anda adalah mempelajari apa yang membuat pelanggan memilih satu produk atau layanan di atas yang lain. Pilihan berbeda yang dipertimbangkan pelanggan biasanya adalah pesaing.

Persaingan dapat bersifat langsung (bersaing dengan menjual produk yang sama) atau tidak langsung (bersaing untuk pasar yang sama). Intensitas persaingan tersebut, baik langsung maupun tidak langsung, akan mempengaruhi keseluruhan potensi keberhasilan bisnis Anda. Itulah mengapa penting untuk mempertimbangkan semua jenis persaingan saat merencanakan bisnis Anda, untuk memastikan bahwa Anda memiliki keunggulan dibandingkan yang lain di industri Anda.

Kenali Jenis Kompetisi di Bidang Bisnis Anda

Kompetisi Langsung

Beberapa bisnis yang menawarkan produk dan layanan serupa menciptakan persaingan langsung. Burger King dan McDonald's adalah pesaing langsung. Begitu juga toko roti dan toko kue di jalan yang sama, atau tukang ledeng independen dan waralaba Mr Rooter lokal.

Pelanggan kemungkinan akan mempertimbangkan berbagai titik harga, lokasi, tingkat layanan, dan fitur produk saat memutuskan tempat untuk membeli sesuatu. Namun, tidak semua pelanggan akan memilih kombinasi yang sama dari opsi tersebut, dan itulah dasarnya mengapa persaingan ada. Dengan memposisikan bisnis Anda untuk menawarkan campuran opsi yang unik, Anda akan dapat menjangkau jenis konsumen yang berbeda. Bisnis pesaing yang menargetkan konsumen kaya, misalnya, kemungkinan besar tidak akan bersaing dalam harga, sedangkan pesaing untuk pelanggan kelas pekerja mungkin mencoba menawarkan produk yang sama dengan pesaing mereka, tetapi dengan harga serendah mungkin. Memahami di mana posisi pesaing Anda adalah kunci untuk mengidentifikasi celah yang dapat diisi oleh bisnis Anda.

Persaingan Tidak Langsung

Pesaing tidak langsung adalah bisnis yang menawarkan produk dan layanan yang sedikit berbeda, tetapi menargetkan kelompok pelanggan yang sama dengan tujuan memuaskan kebutuhan yang sama. Ini kadang-kadang juga dikenal sebagai pengganti.

Misalnya, rasa lapar menciptakan kebutuhan untuk mengonsumsi makanan. Pelanggan dapat memilih kedai burger lokal, mengambil sushi yang bisa dibawa pulang, atau mengambil pizza beku dari toko kelontong dan membawanya pulang untuk dimasak. Ketiga produk ini sangat berbeda satu sama lain, tetapi bersaing secara tidak langsung karena semuanya memuaskan rasa lapar.

Hampir semua bisnis menghadapi semacam persaingan tidak langsung. Penyedia layanan, seperti desainer web, menghadapi persaingan tidak langsung dari layanan do-it-yourself seperti WordPress, dan bahkan dari templat web yang telah diformat sebelumnya yang dapat dibeli dan diunduh. Semua layanan ini memenuhi kebutuhan pelanggan untuk memiliki situs web. Dengan mempertimbangkan semua cara yang mungkin untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda, dan menciptakan strategi untuk menangani persaingan itu, Anda akan menciptakan keunggulan yang kuat atas pemilik bisnis lain yang percaya bahwa mereka unik dan tidak memiliki pesaing tidak langsung.

Satu Lagi Contoh Memahami Persaingan Anda

Seorang konsumen yang membutuhkan transportasi secara logis akan berbelanja mobil. Konsumen tersebut memiliki banyak pilihan kendaraan, termasuk truk, mobil kompak, mobil sport, dan Kendaraan Sport Utility. Pesaing langsung ini memiliki harga yang berbeda dan memenuhi kebutuhan yang berbeda; ada yang lebih lega, ada yang lebih cepat, dan ada yang lebih hemat bahan bakar. Namun, konsumen juga dapat memilih untuk membeli sepeda, sepeda motor, atau tiket bus; semua opsi ini menciptakan persaingan tidak langsung untuk dealer mobil. Terlepas dari pilihan mana yang dipilih konsumen, kebutuhannya akan transportasi akan terpuaskan. Mengevaluasi banyak pilihan konsumen Anda akan membantu Anda menilai tingkat persaingan langsung dan tidak langsung dalam industri Anda.

Garis bawah

Persaingan selalu ada, apapun bisnisnya. Ada lebih dari satu metode untuk memahami pesaing Anda, tetapi terkadang dibutuhkan pemikiran kreatif untuk mengetahui caranya!

Posting Komentar untuk "Tips Memahami Persaingan Bisnis Anda"