Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kiat Meningkatkan Customer Experience!

5 Kiat Meningkatkan Customer Experience! – Customer Experience begitu signifikan untuk membantu peningkatan bisnis dan penjualan. Karena pengalaman pelanggan yang baik mempengaruh tingkat loyalitas customer terhadap sebuah merek.

Kepuasan pelanggan berfungsi untuk memberikan ukuran seberapa puas atau tidak puas customer terhadap layanan yang diberikan oleh brand. Ini biasanya berlaku untuk fungsi tertentu dari produk Anda, seperti memecahkan masalah atau mengembalikan produk.

Kiat Meningkatkan Customer Experience!

Cara mengoptimalkan kepuasan pelanggan dalam pengalaman bertransaksi adalah dengan menjalin interaksi dan komunikasi dengan mereka. Skill ini wajib dikuasai oleh seluruh karyawan, terutama yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Potensi ini bisa Anda maksimalkan bersama TDX Communication. Anda dapat mengundang trainer kami, Motivator Indonesia, untuk memberikan pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan kemampuan komunikasi dan public speaking.

1. Menyesuaikan Dengan Target Pelanggan

Cara pertama untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan adalah dengan memperbaiki layanan Anda. Customer Experience yang diberikan harus konsisten, tetapi bukan berarti sama untuk semua customer. Experience ini harus disesuaikan dengan segmentasi customer dan tren pengalaman pelanggan.

Semakin besar segmentasi pelanggan target, semakin baik pengalamannya. Misalnya, jika Anda menjual tas khusus di segmen premium, maka campaign yang akan dihadirkan harus tampil lebih personal, elegan, dan eksklusif. Sementara untuk tas yang ditujukan untuk segmen umum, mereka menawarkan harga yang lebih murah.

BACA JUGA: GABUNG KURSUS PUBLIC SPEAKING ONLINE BERSAMA TOP TRAINER!

2. Buatlah Sebuah Pedoman

Pasca Anda memutuskan konsep mana yang akan dibuat, tugas selanjutnya adalah membuat Customer Experience Maps (CEM). CEM mempunyai fungsi untuk dijadikan pedoman untuk tim dalam menarik atensi serta memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan.

kiat meningkatkan customer experience

3. Mengukur Kepuasan Pelanggan

Untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan pelanggan dapat melalui Customer Satisfaction Score Survey (CSAT). Survei ini memberi Anda perwujudan yang jelas tentang customer experience dengan produk atau sebuah layanan.

Hasil yang diperoleh kemudian dievaluasi serta diukur dari segi efektivitas dalam membangun customer experience. Hasil evaluasi dan evaluasi dapat digunakan untuk menyempurnakan CEM yang dilakukan selama ini.

4. Customer Journey Map

Cara selanjutnya untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan adalah dengan memetakan perjalanan pelanggan. Peta perjalanan pelanggan dapat membantu memetakan semua interaksi yang telah dilakukan brand dengan pelanggan, termasuk semua titik kesulitan selama proses tersebut.

Peta ini tak hanya dapat membantu Anda mengidentifikasi titik gesekan dalam pengalaman pelanggan, bisa juga cara menghapusnya dan menggantinya dengan kesenangan pelanggan.

BACA JUGA: PELATIHAN KOMUNIKASI TDX, TELAH BANYAK DIREKOMENDASIKAN!

5. Melacak Kinerja Tim

Apabila Anda ingin strategi pengalaman pelanggan Anda efektif secara konsisten, Anda perlu melakukan pelacakan dan evaluasi atas kinerja tim secara berkelanjutan. Perusahaan yang sukses merupakan perusahaan yang rutin meninjau kinerja perangkat mereka dan selalu berinovasi untuk meningkatkan customer experience.


Training Bersama Motivator Indonesia!

Nah, itulah beberapa tips dalam meningkatkan customer experience. Terus ikuti berbagai konten menarik lainnya dari TDX Communication, atau ikuti training & mentoring bersama trainer kami. Ingin konsultasi? Segera hubungi admin di bawah ini, Salam Confidence!

WA: 0821 3432 3274
Email: tdxcommunication@gmail.com

Posting Komentar untuk "5 Kiat Meningkatkan Customer Experience!"