Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Kredit & Bagaimana Ini Mempengaruhi Arus Kas

 Masalah arus kas adalah salah satu penyebab utama kegagalan usaha kecil, dengan terlalu banyak usaha kecil yang terlambat sebelum mereka mengatasi masalah arus kas selagi masih bisa. Alih-alih membiarkannya meningkat di luar kendali, membiarkan hutang terus bertambah sampai Anda tidak mampu memenuhi pengeluaran Anda dan membutuhkan pinjaman gaji langsung pemberi pinjaman langsung Inggris , manajemen kredit yang baik diperlukan.

Banyak bisnis mengeluh bahwa mereka kesulitan mengelola kredit mereka karena mereka terlalu terpusat pada bisnis inti mereka. Di sisi lain, manajemen kredit harus disertakan karena secara signifikan dapat mempengaruhi keberhasilan perusahaan mereka secara keseluruhan.

Manajemen Kredit dan Bagaimana Pengaruhnya terhadap Arus Kas

Mengaudit dan mengendalikan klien, pemasok, dan debitur perusahaan dikenal sebagai manajemen kredit. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan sekaligus menurunkan kredit macet. Semuanya bermuara pada pemahaman berapa banyak kredit yang dapat Anda berikan kepada pelanggan Anda dan memastikan mereka dapat membayarnya kembali.

Menginvestasikan waktu untuk membawa proses manajemen kredit yang baik sebagai prioritas jangka pendek yang dapat menghasilkan hasil jangka panjang, sepadan dengan perjalanan untuk sampai ke sana ketika Anda melihat dampak positif pada arus kas Anda. Untuk membantu Anda meningkatkan manajemen keuangan dan manajemen kredit Anda, berikut adalah beberapa pertimbangan utama:

Lakukan Pemeriksaan Kredit

Memiliki pemahaman yang baik tentang posisi keuangan pelanggan Anda saat ini sebelum Anda terlibat dalam bisnis dengan mereka dapat menentukan bagaimana Anda berbisnis dengan mereka ke depan serta seberapa banyak bisnis yang akan Anda terima dari mereka.

Riwayat kredit yang tidak menarik tidak berarti tidak ada bisnis dengan pelanggan tertentu, tetapi dapat memengaruhi pendekatan Anda. Meskipun melakukan pemeriksaan kredit ini memang menambah waktu untuk prosesnya, itu tidak signifikan dibandingkan dengan waktu yang bisa Anda habiskan untuk mengejar pembayaran yang terlambat lebih jauh.

Tawarkan Opsi Pembayaran yang Fleksibel

Mampu menawarkan persyaratan yang sesuai dengan Anda dan mengurangi risiko tidak dibayar tepat waktu. Karena tidak ada solusi satu ukuran yang cocok untuk semua saat Anda bekerja dengan pelanggan, buat persyaratan pembayaran Anda jelas dan jika Anda ragu tentang kemampuan pelanggan untuk membayar, tawarkan bisnis dengan persyaratan yang lebih ketat dengan fleksibilitas yang lebih sedikit, sering kali melibatkan jumlah kredit yang terbatas untuk waktu yang singkat.

Ini dapat diubah karena mereka menjadi pelanggan yang lebih setia dan membuktikan kemampuan mereka untuk membayar tepat waktu, tetapi prioritas awal adalah mereka membayar tepat waktu secara teratur. Diskon untuk pembayaran lebih awal juga layak dipertimbangkan untuk meningkatkan arus kas Anda dan menawarkan insentif kepada pelanggan.

Keluarkan Faktur Segera

Dengan menerbitkan faktur Anda sesegera mungkin, Anda mendorong pelanggan Anda untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Setelah Anda menyelesaikan layanan atau menerima pesanan, Anda dapat mengeluarkan faktur atau meminta setoran untuk membantu arus kas Anda dan mencocokkan pengeluaran apa pun yang mungkin akan Anda keluarkan.

Jika Anda bekerja berdasarkan hanya menjalankan satu paket faktur sebulan, pendekatan ini dapat mengakibatkan penundaan besar antara saat Anda menyelesaikan pekerjaan dan saat Anda membuat faktur, yang menyebabkan penundaan dan kesulitan mempertahankan margin keuntungan.

Pertahankan Komunikasi Terbuka

Memiliki prosedur aktif untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda, bahkan sebelum faktur jatuh tempo, akan membuat Anda tetap berada di depan pikiran mereka untuk meminta pembayaran tepat waktu.

Kontak reguler selama periode kredit dapat secara signifikan meningkatkan persyaratan pembayaran, bahkan memberi mereka kesempatan untuk setiap pertanyaan faktur sebelum tanggal jatuh tempo. Anda juga perlu memeriksa apakah mereka benar-benar telah menerima faktur Anda, menanyakan apakah mereka memiliki pertanyaan untuk memulai percakapan.

Kesimpulan

Ada beberapa cara untuk menilai manajemen kredit Anda saat ini. Praktik terbaik untuk menganalisis kartu kredit pelanggan , penagihan, penagihan, dan alokasi karyawan adalah beberapa di antaranya. Dalam situasi tertentu, menyerahkan administrasi kredit Anda kepada pihak ketiga dapat meningkatkan arus kas Anda dan memanfaatkan sumber daya internal Anda dengan lebih baik.

Bisnis yang berkelanjutan harus dibangun atau dipelihara dengan pengelolaan kredit yang baik. Ini sering berkaitan dengan proses pengumpulan. Mereka tidak sama, namun mereka serupa dan sering terjadi di departemen yang sama.

Manajer kredit harus segera melakukan studi menyeluruh terhadap pelanggan baru tentang boarding dan perpanjangan kredit. Mereka juga harus menyeimbangkan pengurangan risiko dengan meningkatkan atau mempertahankan arus kas.

Posting Komentar untuk "Manajemen Kredit & Bagaimana Ini Mempengaruhi Arus Kas"