Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Tips Berjejaring untuk Membantu Meningkatkan Karir Anda

17 Tips Berjejaring untuk Membantu Meningkatkan Karir Anda


Jika Anda tinggal di dunia dan pernah mencari pekerjaan, Anda mungkin pernah mendengar bahwa jaringan adalah masalah besar. CEO Ellevest Sallie Krawcheck mengatakannya sepanjang waktu: “Jaringan adalah aturan kesuksesan #1 yang tidak tertulis.”

Jadi ... mengetahui bahwa Anda harus berjejaring adalah langkah pertama. Tapi langkah kedua benar-benar mewujudkannya . Itu tidak selalu datang secara alami untuk semua orang. Mungkin Anda seorang introvert alami. Mungkin terasa spam atau memaksa. Mungkin Anda sudah mencoba dan tidak mendapatkan apa-apa. Baca terus untuk mengetahui tips terbaik kami untuk membuat jaringan lebih nyaman, lebih efektif, dan lebih menyenangkan (benar — kami mengatakan “menyenangkan”).

1. Santai dan jadilah dirimu sendiri

Jaringan adalah tentang menemukan orang dan peluang profesional yang Anda sukai. Anda tidak ingin orang-orang berpikir bahwa Anda adalah sesuatu yang berbeda dari diri Anda yang sebenarnya, karena peluang terbaik adalah yang sesuai dengan diri Anda yang sebenarnya . Dan diri Anda yang sebenarnya luar biasa. Jadi Anda benar-benar dapat melakukan ini.

2. Mulai dari yang kecil

Wajar untuk gugup, terutama jika Anda adalah tipe orang yang lebih suka meringkuk di sofa dengan buku daripada keluar dan berkeliling, berbicara dengan ~orang asing.~ (Mengangkat tangan.) Tidak merasa seperti Anda harus menyelami seluruh jaringan ini terlebih dahulu. Anda bisa mulai dari yang kecil.

Morra Aarons-Mele memiliki beberapa teknik hebat untuk membantu introvert merasa lebih nyaman di luar sana. Misalnya, jika Anda merasa kewalahan dengan gagasan untuk mengadakan acara networking sepanjang malam, berkomitmenlah untuk bertemu dengan tiga orang, lalu izinkan diri Anda untuk pulang. Atau gunakan aturan "sepuluh sentuhan", di mana dia menjangkau melalui email atau catatan ke sepuluh orang seminggu. Atau berpura-puralah Anda sedang bermain dalam sebuah film — atau, mengapa tidak, berpura-puralah Anda adalah Oprah! — untuk membantu Anda merasa lebih percaya diri saat masuk ke ruangan atau memulai obrolan.

3. Ketahui frasa pengantar masuk Anda

Kami tidak akan memberitahu Anda untuk menghafal sebuah "elevator pitch" tentang diri Anda. (Karena itu pengap dan berisiko membuat Anda merasa tidak seperti Anda. Dan siapa yang butuh tekanan untuk mengatakan semuanya dengan sempurna?)

Apa yang mungkin Anda lakukan adalah memiliki beberapa hal yang ingin Anda sertakan ketika Anda memperkenalkan diri atau berbicara tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Kami tidak bermaksud menyombongkan diri — lebih seperti informasi menarik dan tambahan.

Berkreasilah dengan nugget ini. Apa yang Anda ingin orang tahu tentang Anda? Ambil inventaris dari orang-orang yang bekerja dengan Anda hari ini dan minta mereka untuk menggambarkan Anda menggunakan tiga kata sifat — apakah itu kata sifat yang Anda ingin orang pikirkan ketika mereka memikirkan Anda? Jika jawabannya "tidak cukup", lalu apa yang dapat Anda tambahkan ke percakapan yang dapat mengarahkan persepsi tersebut dengan lebih terarah?

4. Memberi, memberi, memberi

Ingat: Jaringan berjalan dua arah. Anda sedang mencari pintu yang terbuka menuju tujuan Anda sendiri, tetapi begitu juga orang lain. Jadi, semakin banyak nilai yang dapat Anda berikan kepada orang yang Anda temui, semakin banyak kenalan atau persahabatan Anda dengan mereka akan berkembang. Plus, mereka akan melihat Anda sebagai sumber daya yang berharga, dan itu akan membuat Anda merasa baik (dan melihat diri Anda sebagai sumber daya yang berharga) dalam prosesnya.

Jadi tanyakan kepada orang-orang bagaimana Anda dapat membantu mereka mencapai tujuan mereka. Merekomendasikan sebuah buku. Tawarkan untuk memperkenalkan mereka kepada orang lain yang Anda kenal yang dapat membantu, meskipun melalui email atau LinkedIn.

5. Dengarkan baik-baik

Ketika orang gugup, kita cenderung berhenti mendengarkan sepenuhnya. Kami mulai merencanakan apa yang akan kami katakan selanjutnya sebelum orang tersebut berhenti berbicara. Jika Anda dapat mencegah diri Anda melakukan itu, itu akan menjadi kekuatan super jaringan Anda.

Langkah pertama yang baik adalah benar-benar memperhatikan ketika seseorang memberi tahu Anda nama mereka. Ulangi kembali kepada mereka sehingga mereka tahu Anda mendengarnya. Dan kemudian lakukan yang terbaik untuk mengingatnya.

Mengajukan lebih banyak pertanyaan juga merupakan tip bagus bagi siapa saja yang tidak suka basa-basi. Kebanyakan orang cenderung suka membicarakan pengalaman mereka karena itulah yang paling mereka ketahui. Jadi, semakin banyak pertanyaan yang Anda ajukan, semakin mereka suka berbicara dengan Anda, dan semakin Anda akan belajar tentang mereka (yang akan sangat berguna nanti jika Anda ingin mengirimi mereka catatan tindak lanjut).

6. Bicara tentang hal-hal selain pekerjaan

Ya, jaringan cenderung lebih merupakan hal yang profesional. Dan ya, sangat mudah untuk memulai percakapan dengan, “Jadi, apa yang kamu lakukan?” Tapi ... menguap, kan?

Cobalah memulai dengan pemecah es yang berbeda. Sesuatu seperti, "Apa proyek gairah terbaru Anda?" atau “Apa yang kamu lakukan untuk bersenang-senang?” atau “Apakah Anda membaca buku bagus akhir-akhir ini?” Mereka akan mengingat Anda dan percakapan Anda dengan lebih baik karenanya.

Juga, tip pro: Orang suka berbicara tentang anak-anak mereka (termasuk hewan peliharaan).

7. Jaringan online

Tidak semua jaringan dilakukan secara langsung! Menjangkau orang yang Anda kenal (atau pernah Anda kenal, di kehidupan sebelumnya) melalui LinkedIn, email, dll adalah bentuk jaringan yang 100% valid. Kirimi mereka tautan ke artikel yang menarik, lihat bagaimana mereka akhir-akhir ini, atau komentari sesuatu yang mereka posting.

Jaringan online luar biasa: Anda memiliki semua waktu di dunia untuk merencanakan apa yang akan Anda katakan. Ini cepat dan fleksibel — Anda bahkan dapat melakukannya sambil mengantre di toko bahan makanan. Juga, Anda tidak harus memakai celana, yang selalu menjadi nilai tambah.

(Btw, banyak orang merasa seperti spam ketika mereka mendapatkan permintaan LinkedIn dari orang yang tidak mereka kenal. Jadi cenderung lebih baik untuk tindak lanjut daripada intro dingin. Bertemu orang baru melalui grup LinkedIn bisa jadi keren .)

8. Bermain di lalu lintas

Tidak — jangan berbaring di tengah jalan seperti Noah dan Allie . "Main di lalu lintas" berarti setelah Anda bertemu seseorang, tetap berhubungan. Tetap di luar sana. Jangan mengikuti percakapan intro yang hebat dengan diam.

Mungkin ini berarti menyimpan daftar orang-orang yang Anda temui baru-baru ini, apa yang Anda bicarakan, dan terakhir kali Anda berbicara — kemudian sering-seringlah masuk dan menghubungi mereka kembali. Atau mungkin Anda menelusuri folder yang ditentukan di kotak masuk Anda (atau pesan LinkedIn Anda) sesekali untuk menekan balasan. Atau mungkin Anda hanya berusaha menjangkau satu orang setiap hari.

Tidak harus banyak. Hanya catatan singkat untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda memikirkan mereka.

9. Seduh kopi

Jaringan online itu bagus, dan bermain di lalu lintas itu bagus, tapi ada sesuatu yang menarik dan istimewa dari bertemu langsung untuk menjaga momentum tetap berjalan. Untuk situasi seperti itu, biarkan kopi menjadi senjata rahasia Anda. Ini bisa memakan waktu hanya setengah jam, dan bahkan yang tidak berkafein di antara kita dapat memesan scone atau cokelat panas. Tidak perlu biaya banyak, atau apa pun jika Anda hanya di sana untuk mengobrol. Ini fleksibel dan rendah.

(Hati-hati dengan hal yang berlebihan "Bisakah kita minum kopi jadi saya bisa memilih otakmu?". Itu sebenarnya meminta saran gratis, daripada menawarkan koneksi.)

10. Seimbangkan waktu bersosialisasi dengan waktu sendiri

Jika Anda lebih menyukai sisi introvert, gagasan untuk menukar beberapa waktu sendirian yang biasa Anda gunakan untuk ... yah ... tidak - waktu sendirian mungkin terdengar kurang ideal. Jadi buat kesepakatan dengan diri Anda sendiri: Untuk setiap jam Anda menjadwalkan untuk pergi ke acara networking atau mengejar email dan / atau pesan LinkedIn, jadwalkan jam yang berbeda untuk beberapa waktu Anda.

Jika Anda belum memasukkan waktu sendirian itu di kalender Anda, ini bahkan bisa menjadi bonus tambahan. Halo, perawatan diri yang dijadwalkan dengan sengaja, senang bertemu dengan Anda.

11. Bergabunglah dengan jaringan profesional

Tidak yakin harus mulai dari mana? Grup jaringan profesional bisa menjadi pilihan yang luar biasa. Mungkin Anda menemukan satu yang terbuka untuk siapa saja. Atau mungkin Anda bergabung dengan satu untuk wanita. Atau satu untuk industri Anda. Atau satu untuk orang-orang yang melakukan pekerjaan yang sama seperti Anda. Tidak ada cara yang salah untuk melakukannya — jika ada yang menarik minat Anda, lakukanlah.

Mereka biasanya bekerja dengan salah satu dari dua cara: Anda mungkin membayar biaya atau iuran keanggotaan tahunan, dan kemudian pertemuan dan acara gratis atau murah. Atau mungkin gratis untuk bergabung, tetapi biaya acaranya sedikit lebih mahal. (Ternyata tidak gratis untuk menyewa tempat dan mendapatkan minuman.)

12. Bergabunglah dengan jaringan alumni lokal Anda

Jaringan alumni juga merupakan tempat yang tepat untuk berinteraksi. Banyak sekolah besar akan memiliki cabang lokal di kota-kota di seluruh negeri. Tetapi jika Anda tidak tinggal di dekat salah satunya, lihat apakah ada LinkedIn atau grup Facebook tertutup yang dapat Anda ikuti. (Internet untuk menang, sekali lagi.)

13. Bergabunglah dengan grup lokal lainnya

Seperti yang kami katakan sebelumnya, jaringan tidak harus selalu profesional. Ada banyak cara untuk bertemu orang, terutama jika Anda mencoba untuk berkembang ke lingkaran sosial yang berbeda. Pikirkan hal-hal seperti studio yoga, klub buku, dan tim olahraga komunitas bersama. Pencarian cepat untuk acara Facebook di dekat Anda dapat membantu Anda menemukan beberapa acara yang menarik bagi Anda.

14. Temukan orang yang tidak mirip denganmu

Cobalah untuk menghindari membangun jaringan besar yang diisi sepenuhnya dengan orang lain yang terlihat dan berpikir sangat mirip dengan Anda. Semakin banyak keragaman yang dapat kita bawa ke dalam lingkaran kita, semakin baik. Lebih banyak keragaman berarti lebih banyak perspektif, lebih banyak koneksi, lebih banyak peluang, dan lebih banyak hal yang dapat kita pelajari dan alami.

Jadi pastikan untuk terhubung dengan orang-orang yang tidak seperti Anda dalam industri, kemampuan, orientasi seksual, identitas gender, ras, latar belakang ekonomi ... Anda mengerti. Karier Anda (dan kehidupan) akan lebih kaya karenanya.

15. Membangun dewan direksi pribadi

Salah satu nasihat karir favorit Sallie adalah membangun dewan direksi pribadi Anda sendiri — sekelompok orang yang, baik mereka saling mengenal atau tidak, adalah orang yang Anda tuju untuk bimbingan profesional.

Anggap saja sebagai tim mentor dan sponsor yang akan ada untuk Anda jika Anda ingin mengobrol melalui perubahan pekerjaan potensial, atau risiko karier, atau keputusan besar lainnya. Mereka dapat menghibur Anda dan memberi tahu Anda betapa hebatnya Anda, tetapi juga membantu Anda melihat sesuatu dari perspektif luar. Dan mungkin mengadvokasi Anda jika mereka mendapat kesempatan.

16. Lakukan bisnis bersama

Mari kita hancurkan perasaan wanita tabu yang serius tentang mempromosikan diri mereka sendiri, keterampilan mereka, dan penawaran mereka. Mari saling memberi bisnis kita. Laki-laki telah melakukan ini sejak awal waktu — mereka saling mencakar, mereka membantu teman mereka, mereka membuang bisnis dengan cara mereka. Seperti apa karir kita jika kita tidak merasa seperti itu adalah pelanggaran dalam sesuatu yang berharga untuk meminta teman-teman kita untuk mendukung kita seperti itu?

17. Bangun lingkaran dalam yang kuat

Dan terakhir, ingatlah bahwa dewan direksi pribadi Anda bukanlah satu-satunya kelompok yang dapat membantu Anda maju. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika pria berjejaring dengan semua cara yang baru saja kami sebutkan, itu membantu mereka untuk maju. Tapi tidak begitu banyak untuk wanita. Sebaliknya, apa yang membantu wanita adalah jika mereka melakukan semua hal jaringan ini dan memiliki lingkaran dalam kecil dari wanita lain yang dekat dengan mereka. Itu karena mereka lebih cenderung menghubungkan satu sama lain dengan peluang yang cocok, baik dalam hal keterampilan dan budaya tempat kerja. Jadi bangun pasukan itu.

Kekuatan dalam jumlah inilah yang dapat membantu kita, para wanita, bersatu dan saling mengangkat — dan diri kita sendiri — naik. Sekarang: kepala tegak, kartu nama sudah siap. Anda punya ini.

Posting Komentar untuk "17 Tips Berjejaring untuk Membantu Meningkatkan Karir Anda"